Just another WordPress.com site


Jadi seorang guru tidak pernah terpikirkan dalam benak saya. Namun Tuhan memberikan jalan yang lapang menuju kesana. Hampir 6 tahun saya menjalani profesi ini, namun masih saja membuat saya tidak habis pikir. Banyak sekali saya temukan kejadian yang terkadang membuat saya geleng-geleng kepala sambil menghela nafas. Sistem evaluasi pada siswa berubah menjadi lebih praktis sehingga hasilnya lebih cepat kita peroleh. Namun apakah tidak pernah dipikirkan dampaknya bagi perkembangan siswa dikemudian hari. Biasanya apa yang diperoleh secara cepat dan instan kualitasnya tidak akan sebagus dengan yang menggunakan proses lebih lama. Menjawab ulangan ataupun ujian hanya dengan membuat sebuah bulatan hitam pada kertas menurut saya akan mengurung pola pikir anak didik kita menjadi pola pikir yang kerdil gampangan dan kadang bisa asal-asalan (asal bulet dan hitam selesai sudah). Dengan cara evaluasi tersebut siswa tidak akan terbiasa berpikir menggunakan logika dan penalaran lebih mendalam sehingga pemikirannya menjadi sempit dan cenderung susah untuk mendeskripsikan sesuatu. Menurut saya cara evaluasi dengan pilihan ganda tersebut akan membatasi kreativitas siswa kita hingga sulit untuk berkembang. Lambat laut pemikiran-pemikiran mereka pun akan seperti bulatan hitam itu yang bisa mereka peroleh tanpa harus berpikir panjang cukup tengok kanan dan kiri, depan dan belakang. Lain halnya jika ujian itu soalnya menjelaskan, menyebutkan, paparan…Maka siswa kalau ingin bisa menjawab secara benar harus memahami pelajaran tersebut secara utuh. Dan ini akan membiasakan siswa untuk menggunakan penalaran dan logika mereka secara baik sehingga dikemudian hari mereka akan mempunyai pemikiran lebih luas tidak hanya sekecil bulatan hitam yang seperti mereka buat pada lembar jawaban komputer tersebut.

Tinggalkan Balasan

